ArabicEnglishKorea

FTI Unissula Tambah Doktor Dari Swinburne Australia

Andre Sugiyono dosen Fakultas Teknologi Industri Unissula resmi memperoleh predikat doktor dari Swinburne University of Technology Australia baru baru ini. Ia berhasil mempertahankan desertasinya dalam ujian terbuka di depan  dewan penguji antara lain Prof Andrew Wirth,  Dr Mehran Ektesabi dan  Dr Andreas Earnst.

Di bawah bimbingan Dr Amir Abdekhodaee Andre Sugiyono meneliti suatu metode yang berguna didalam perancangan tata letak fasilitas khususnya mengamati variable fasilitas apabila ada suatu fasilitas yang memiliki atribut waktu interval.  Waktu interval adalah atribut waktu antara waktu mulai dan waktu penyelesaian suatu proses.  Pengaturan tata letak fasilitas yang memiliki waktu interval sangat sulit dilakukan karena bersifat Non-Polynomial (NP) Complete Time.

NP-Complete sendiri merupakan permasalahan di dalam pemodelan matematika dimana ketika mencari solusi optimal membutuhkan iterasi perhitungan yang tak terhingga. Selain ditemukan pengaruh atribut waktu interval terhadap pengaturan tata letak fasilitas, juga ditemukan algoritma penjadwalan waktu interval yang baru yaitu Algoritma “GAP Between”.

Algoritma GAP between  menghasilkan program computer  untuk penjadwalan fasilitas yang pada akhirnya menghasilkan metode pengaturan tata letak fasilitas yang optimal. Metode, program, dan algoritma ini sudah diuji coba pada studi kasus pengaturan tata letak peti kemas, menggunakan data riil yang ada di Terminal Peti Kemas Semarang.

Dekan Fakultas Teknologi Industri Unissula Dr Sri Arttini menyampaikan dengan diperolehnya gelar doktor oleh  saudara Andre Sugiyono tersebut akan semakin meningkatkan kompetensi tenaga pengajar di   fakultasnya. “Peningkatan kompetensi internasional para dosen pengajar di Fakultas Teknologi Industri Unissula merupakan salah satu prioritas penting karena hal itu merupakan salah satu strategi tak terpisahkan dalam mengkader para mahasiswa agar memiliki kompetensi kompetitif, berkepribadian, dan berwawasan luas sebagai bekal setelah lulus nantinya” Ujarnya.

Masih menurut Sri Arttini,  Andre Sugiyono merupakan doktor ke enam di fakultasnya dan akan segera menyusul beberapa dosen  yang akan segera mendapat gelar yang sama baik dari universitas dalam maupun dalam maupun luar negeri.

Gambar : Dr Andre Sugiyono

Share Button